Monday, December 18, 2006

Minggu yang Melelahkan


Minggu2 ini emang minggu yang melelahkan, bukan hanya fisik yang lelah tapi juga pikiran. Di saat hari natal, hari raya idul adha dan taun baru akan tiba mesin2 di tempatku kerja berguguran satu per satu.
Ada 8 unit mesin diesel di tempatku. Berawal mesin 8 yang tegangannya ga mau keluar, katanya exiternya kenkarena setelah di megger hasilnya zero ( klo soal mesin aku masih nol besar heheheh, masih harus banyak belajar hehehe lagi deh ). Tiba2 giliran mesin 3 yang bermasalah, mesin tiba2 keluar asap banyak sekali sampai2 sentral penuh asap kaya kebakaran saja. Ditambah mesin ga mau dimatikan, bingungnya minta ampun aku kenapa ini mesin bisa begini baru setelah dibuka kran bahan bakar dan olinya baru mesin baru bisa mati sendirinya. Setelah diperiksa ternyata turbochargernya telah patah. mati deh aku pikirku saat itu sudah terbayang akan ada pemadaman karena daya yang sudah pas-pasan.
Ga lama berselang mesin 6 yang bermasalah, tegangan juga ga mau keluar, pusing deh (sambil elus2 kepala), tapi untung setelah diperiksa ternyata ada 2 dioda yang rusak, diganti dan mesin normal kembali. Lega deh rasanya...
Selang 1 hari saja gantian mesin 5 yang mengalami hal yang sama, mungkin diodanya juga tapi dicek ga ada masalah, lha pas di megger hasilnya zero kembali, exiternya kena lagi deh. Pemadaman akhirnya bener terjadi, mulai deh bikin pengumuman pemadaman, bikin surat ke pemda tentang adanya pemadaman sampai2 atur jadwal pemadamannya.
5 hari pemadaman mesin 6 kembali bermasalah, kayanya aga parah kondisinya sekrang karena oli sudah keluar kaya air lewat sela2 carternya. packing sudah rusak, baut ada yang patah, terpaksa bongkar carter jam 8 malam, ternyata ada masalah yang lebih parah jadi perlu penanganan yang lebih lanjut. Tambah meluas deh pemadamannya.
apa yang terjadi, satu baik satu rusak, satu baik satu rusak baru berurutan kejadiannya bikin mumet saja...
Sekarang tinggal pasrah saja dengan pemadaman dengan melakukan yang bisa dilakukan untuk pemperbaiki mesin sambil nunggu teknisinya datang kasih baik mesin2 disini.
Mudah2han hari natal, hari raya idul adha dan tahun baru sudah tidak ada pemadaman, sehingga bisa tidur nyenyak deh.......:-)


No comments: